Portal Akademik Berita : Forum

  • Administrator

    14 Juli 2018

    Kalender Akademik 2018/2019

    Kalender akademik merupakan jadwal penyelenggaraan kegiatan akademik dalam jangka waktu satu tahun ajaran (2 semester). Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) wajib untuk memiliki dan mengetahui kalender akademik, karena dengan itu mahasiswa dapat mempersiapkan berbagai hal terkait kegiatan akademik yang dilaluinya.

    UAD memulai tahun ajaran baru 2018/2019 pada bulan Juli 2018, dan akan berakhir pada bulan Agustus 2018.

    Kalender Akademik UAD tahun ajaran 2018/2019 dapat di download pada link berikut.

  • Administrator

    11 November 2017

    Portal UAD Release Fitur Pendaftaran Tahsin

    Dalam rangka mencapai sasaran mutu "Peningkatan jumlah lulusan fasih membaca Al Qur’an dengan nilai A 20% per tahun", oleh Lembaga Pengembangan Studi Islam(LPSI) mengadakan bimbingan tahsin yang diwajibkan kepada setiap mahasiwa Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Namun dalam proses pendaftaran tahsin tersebut muncul beberapa permasalahan seperti pendaftaran tahsin yang kurang efisien dan pembagian kelas tahsin yang masih manual. Untuk beberapa permasalahan ini, LPSI mengajukan permohonan ke Biro Sistem Informasi dan Komunikasi (BISKOM) untuk membuat fitur pendaftaran Tahsin melalui portal yang biasa di akses oleh seluruh Mahasiswa.

    Mahasiswa bisa memilih kelas tahsin yang telah di inputkan oleh administrator(LPSI) sesuai dengan jadwal kelas yang mereka inginkan. Pilihan dosen pengajar tahsin tergantung pada jenis kelamin mahasiswa yang mendaftar. Maksimal kelas yang didaftar oleh mahasiswa adalah 3 kelas. Setelah mengikuti kelas tahsin, maka masing-masing mahasiswa akan mendapat rekomendasi yang dapat dilihat di menu Portal Mahasiswa (Kemahasiswaan-Tahsin). Rekomendasi dari masing-masing pengajar tahsin dapat dicetak dan digunakan untuk mendaftar Tes Baca Qur’an di LPSI.

    Fitur Tahsin sudah berjalan dan di implementasikan sejak periode pendaftaran tahsin Oktober 2017 hingga sekarang. BISKOM berharap dengan adanya fitur ini dapat membantu LPSI dalam pegelolaan pendaftaran dan pembagian kelas Tahsin.

  • Administrator

    05 Februari 2017

    Portal UAD Versi 2.0

    Saat ini sedang diuji coba Aplikasi Portal UAD yang baru. kami menyebutnya #portalV2. Untuk Aktifasi akun #portalV2 silahkan anda login portal lama, dihalaman depan ada info migrasi akun ke #portalV2. Ikuti petunjukknya ya. Mohon masukan serta saran guna perbaikan dalam pengembangan aplikasi #portalV2 ini. Masukan dari rekan2 mahasiswi dan mahasiswa sekalian serta bapak / ibu dosen bisa disampaikan lewat Forum Diskusi Report PortalV2


    Terimakasih.

  • Administrator

    23 Agustus 2016

    Periode Agustus UAD Luluskan Seribu Lebih Wisudawan. Kamu Kapan?

    Sebanyak 1.057 wisudawan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) diwisuda pada periode Juli 2016 ini. “Sebenarnya yang wisuda tahun ini hanya 1.051, enam sisanya merupakan mahawiswa yang pada periode lalu tidak ikut wisuda,” kata Ridwan yang merupakan staf Biro Akademik dan Admisi (BAA) UAD.

    Acara yang berlangsung di Hall A Gedung Jogja Expo Center pada Sabtu (20/8/2016) ini diikuti oleh 30 prodi S1 dengan IPK rata-rata 3,33 dan 6 prodi S2. Termasuk di dalamnya 28 wisudawan Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris, 15 wisudawan Program Pascasarjana Pendidikan Fisika, 6 wisudawan Program Pascasarjana Psikologi Profesi, 58 wisudawan Program Pascasarjana Psikologi Sains Sekolah, 21 wisudawan Program Pascasarjana Farmasi, serta 9 wisudawan Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan.

    “Hingga saat ini Program Pascasarjana UAD telah mewisuda 902 lulusan. Dengan demikian, alumni UAD sampai saat ini berjumlah 37.892 orang,” ucap Rektor UAD Dr. H. Kasiyarno, M.Hum. saat memberi sambutan di hadapan wisudawan.

    Wisudawan S1 yang lulus tercepat dengan masa studi 3 tahun 5 bulan 17 hari, diraih oleh wisudawan Prodi Farmasi atas nama Evin Suci Mardani dengan IPK 3,54. Sementara itu, wisudawan termuda adalah Rakhmatul Ummah dari Prodi S1 Pendidikan Fisika dengan IPK 3,41 yang lulus pada usia 20 tahun 5 bulan 7 hari.

    Selanjutnya, atas nama seluruh warga UAD, Kasyiarno mengucapkan selamat kepada wisudawan atas keberhasilan menyelesaikan studi dan memperoleh gelar sarjana.

    “Semoga sukses selalu menyertai Saudara. Khusus kepada Bapak/Ibu orang tua/wali wisudawan, dengan berakhirnya pendidikan putra/putri Bapak/Ibu di UAD, saya ucapan terima kasih atas kepercayaannya kepada UAD untuk mendidik dan mengantarkan putra/putri tercinta menjadi sarjana muslim di Perguruan Tinggi Muhammadiyah ini. Semoga kesarjanaan dan kemuslimannya dapat menambah kebahagiaan keluarga Bapak/Ibu sekalian. Kami juga memohon kiranya silaturrahim yang telah terjalin selama ini, antara Bapak/Ibu dan UAD, terus tersambung dengan baik di masa-masa mendatang,” tukasnya. (sumber: uad.ac.id)

  • Administrator

    02 Agustus 2016

    UAD PTS Terbaik di DIY Versi Webometrics

    Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Versi Webometrics Juli 2016. Informasi tersebut diumumkan melalui laman webometrics.info/en/Asia/Indonesia, Webometrics Ranking of World Universities. UAD sekaligus juga menempati peringkat kedua Perguruan Tinggi se DIY di bawah Universitas Gajah Mada (UGM).

    UAD dinilai memenuhi penilaian Webometric Ranking of World Universities yang terdiri atas empat kriteria, yaitu "Presence", “Impact”, “Openness” dan “Excellence”. Kriteria “Presence” terkait jumlah laman dengan domain universitas yang terekam pada search engine (Google). Kriteria "Impact" yang merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine (Google). Sementara "Openness" berdasarkan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc, .docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar). Terakhir, UAD memenuhi indikator "Excellence" yang didasari jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

    Menurut Humas Universitas, Dewi Soyusiawaty, S.T., M.T, salah satu naiknya peringkat UAD karena jumlah laman web dengan domain uad.ac.id yang tersebar di fakultas, program studi, supporting unit dan kegiatan kemahasiswaan. Setiap web memiliki admin sendiri untuk menjalankan tugasnya. Selain itu, ada target mutu bulanan juga. Selain menyajikan berita kegiatan, kami juga berusaha menampilkan varian tulisan untuk konten web, seperti riset dan pengadian dosen. “Untuk kelancaran bekerja, kita bekerja sama dengan Biro Sistem Informasi dan Komunikasi (BISKOM) UAD.” Kata Dewi, Dosen Teknik Informatika tersebut.

    BISKOM sendiri melalui Ali Tarmuji, S.T, Kepala Bidang Web, selalu memberikan pelatihan pengelolaan web untuk unit, bahkan hingga ke unit organisasi tingkat mahasiswa.

    Menurutnya kebijakan upload karya ilmiah juga berpengaruh, eprintsnya jadi kaya dengan file-file pdf dan langsung terindeks google dan search engine lainnya. Selain itu, gairah publish berita tiap unit di UAD juga meningkat.

    Dosen Teknik Informatika tersebut menjelaskan, support BISKOM secara umum adalah meningkatkan koneksi dan kelancaran jaringan internet dan layanannya, menambah server hosting dan meningkatkan bandwith.

    Dewi menyatakan, ini adalah bonus dari pekerjaan bersama, baik dari unit pengelola web dan juga pengguna umum di internal UAD yaitu dosen dan mahasiswa. Seperti rilis di webometric, UAD menempati urutan ke 19 dari seluruh PT Se-Indonesia dan urutan ke 2773 untuk tingkat dunia.